Rabu, 03 Desember 2014

PENERAPAN DI KELAS

No
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1


Menemukan Masalah
Memberikan permasalahan yg diangkat dari latar kehidupan sehari-hari siswa. Berikan masalah yg bersifat tdk terdifinisikan dengan jelas (ill defined)
Berusaha menemukan permasalahan dengan cara  melakukan kajian dan analisis secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan


Memberikan sedikit fakta di seputar konteks permasalahan
Melakaukan analisis terhadap fakta sebagai dasar dalam menemukan permasalahan
2


Mendefinisikan Masalah
Mendorong dan membimbing siswa utk menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) untuk memahami masalah
Dengan menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) berusaha memahami masalah


Membimbing siswa secara bertahap untuk mendifinisikan masalah
Berusaha mendifisikan permaslahan dengan menggunakan parameter yang jelas

3

Mengumpulkan fakta
Membimbing siswa untuk melakukan pengumpulan fakta
Melakukan pengumpulan fakta dengan menggunakan pengalaman-pengalaman yg sudah diperolehnya


Membimbing siswa melakukan pencarian informasi dengan berbagai cara/metode
Melakukan pencarian informasi dengan berbagai cara serta dengan menggunankan kecerdasan majemuk yang dimiliki


Membimbing siswa melakukan pengelolaan informasi
Melakukan pengelolaan/pengaturan informasi yg telah diperoleh dg berpatokan pada :
1.      Know; informasi apa yang diketahui
2.      Need to know; informasi apa yang dibutuhkan
3.      Need to do; apa yang akan dilakukan dengan informasi yang ada

4

Menyusun hipotesis
Membimbing siswa untuk menyusun jawaban/hipotesis (dugaan sementara) terhadap permasalahan yang dihadapi
Membuat hubungan-hubungan antar berbagai fakta yang ada


Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan majemuk dalam menyusun hipotesis
Menggunakan berbagai kecerdasan majemuk untuk menyusun hipotesis


Membimbing siswa untuk menggunakan kecerdasan interpersonal dalam mengungkapkan pemikirannya
Menggunakan kecerdasan interpersonal untuk mengungkapkan pemikirannya


Membimbing siswa untuk menyusun alternaif jawaban sementara
Berusaha menyusun beberapa jawaban sementara

5

Melakukan penyelidikan
Membimbing  siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperolehnya
Melakukan penyelidikan terhadap informasi dan data yang telah diperoleh


Dalam membimbing siswa melakukan penyelidikan, guru membuat struktur belajar yang memungkinkan siswa dapat menggunakan berbagai cara untuk mengetahui dan memahami dunianya
Dalam melakukan penyelidikan siswa menggunakan kecerdasan majemuk yg dimilikinya untuk memahami dan member makna data dan informasi yang ada
6
Menyempurnakan permasalahan yg telah didefinisikan
Membimbing siswa melakukan penyempurnaan terhadap masalah yang telah didefinisikan
Melakukan penyempurnaan masalah yang telah dirumuskan
7
Menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratif
Membimbing siswa untuk menyimpulkan alternative pemecahan masalah secara kolaboratif
Membuat kesimpulan alternative pemecahan masalah secara kolaboratif
8
Melakukan pengujian hasil (solusi) pemecahan masalah
Membimbing siswa melakuan penguian hasil (solusi) pemecahan masalah
Melakukan pengujian hasil (solusi) pmecahan masalah


1 komentar :