PENERAPAN DI KELAS
No
|
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1
|
Menemukan Masalah
|
Memberikan permasalahan yg diangkat
dari latar kehidupan sehari-hari siswa. Berikan masalah yg bersifat tdk
terdifinisikan dengan jelas (ill
defined)
|
Berusaha menemukan permasalahan dengan
cara melakukan kajian dan analisis
secara cermat terhadap permasalahan yang diberikan
|
|
|
Memberikan sedikit fakta di seputar
konteks permasalahan
|
Melakaukan analisis terhadap fakta
sebagai dasar dalam menemukan permasalahan
|
2
|
Mendefinisikan Masalah
|
Mendorong dan membimbing siswa utk
menggunakan kecerdasan interpersonal dan kemampuan awal (prior knowledge) untuk memahami masalah
|
Dengan menggunakan kecerdasan
interpersonal dan kemampuan awal (prior
knowledge) berusaha memahami masalah
|
|
|
Membimbing siswa secara bertahap untuk
mendifinisikan masalah
|
Berusaha mendifisikan permaslahan
dengan menggunakan parameter yang jelas
|
3
|
Mengumpulkan fakta
|
Membimbing siswa untuk melakukan
pengumpulan fakta
|
Melakukan pengumpulan fakta dengan menggunakan
pengalaman-pengalaman yg sudah diperolehnya
|
|
|
Membimbing siswa melakukan pencarian
informasi dengan berbagai cara/metode
|
Melakukan pencarian informasi dengan
berbagai cara serta dengan menggunankan kecerdasan majemuk yang dimiliki
|
|
|
Membimbing siswa melakukan pengelolaan
informasi
|
Melakukan pengelolaan/pengaturan
informasi yg telah diperoleh dg berpatokan pada :
1. Know; informasi apa yang
diketahui
2. Need to know; informasi apa
yang dibutuhkan
3. Need to do; apa yang akan
dilakukan dengan informasi yang ada
|
4
|
Menyusun hipotesis
|
Membimbing siswa untuk menyusun
jawaban/hipotesis (dugaan sementara) terhadap permasalahan yang dihadapi
|
Membuat hubungan-hubungan antar
berbagai fakta yang ada
|
|
|
Membimbing siswa untuk menggunakan
kecerdasan majemuk dalam menyusun hipotesis
|
Menggunakan berbagai kecerdasan
majemuk untuk menyusun hipotesis
|
|
|
Membimbing siswa untuk menggunakan
kecerdasan interpersonal dalam mengungkapkan pemikirannya
|
Menggunakan kecerdasan interpersonal
untuk mengungkapkan pemikirannya
|
|
|
Membimbing siswa untuk menyusun
alternaif jawaban sementara
|
Berusaha menyusun beberapa jawaban
sementara
|
5
|
Melakukan penyelidikan
|
Membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan terhadap
informasi dan data yang telah diperolehnya
|
Melakukan penyelidikan terhadap
informasi dan data yang telah diperoleh
|
|
|
Dalam membimbing siswa melakukan
penyelidikan, guru membuat struktur belajar yang memungkinkan siswa dapat
menggunakan berbagai cara untuk mengetahui dan memahami dunianya
|
Dalam melakukan penyelidikan siswa menggunakan
kecerdasan majemuk yg dimilikinya untuk memahami dan member makna data dan
informasi yang ada
|
6
|
Menyempurnakan permasalahan yg telah
didefinisikan
|
Membimbing siswa melakukan
penyempurnaan terhadap masalah yang telah didefinisikan
|
Melakukan penyempurnaan masalah yang
telah dirumuskan
|
7
|
Menyimpulkan alternative pemecahan
masalah secara kolaboratif
|
Membimbing siswa untuk menyimpulkan
alternative pemecahan masalah secara kolaboratif
|
Membuat kesimpulan alternative
pemecahan masalah secara kolaboratif
|
8
|
Melakukan pengujian hasil (solusi)
pemecahan masalah
|
Membimbing siswa melakuan penguian
hasil (solusi) pemecahan masalah
|
Melakukan pengujian hasil (solusi)
pmecahan masalah
|
ini sangat bermanfaat
BalasHapus